Ada 0,2mg/liter Sianida di Lambung Mirna, dr. Djaja Surya Atmadja: Ini Bukan Sebab Kematian

dr. Djaja Surya Atmadja
Sumber :
  • Netflix

Olret – Ada banyak beberapa kejanggalan usai perilisan dokumenter Ice Cold: Murder, Ice Coffee and Jessica Wongso. Pasca Netflix merilis film ini, kasus kopi sianida yang sukses menyedot atensi publik di 2016 ini pun kembali dibicarakan.

Heboh Lagi Benarkah Jessica Wongso Seorang Psikopat? Ahli Jelaskan Ciri Anak dengan “Bakat" Psikopat

Salah satunya adalah ditemukannya sianida di lambung Mirna Salihin. Pihak forensik Polri saat itu hanya mengambil sampel lambung korban untuk diselidiki. Di tahun 2016, pihak keluarga Mirna Salihin, terutama ayahnya Edi Darmawan Salihin memang menolak keras putrinya untuk diautopsi pihak kepolisian.

Keluarga hanya memperbolehkan ahli untuk mengambil sampel berupa isi lambung, darah, hati, dan urine dari jenazah Mirna.

Reza Indragiri Amriel, Psikolog Forensik: Ada yang Kasih Uang Tutup Mulut di Kasus Jessica Wongso

Uji laboratorium pun menemukana adanya 0,2mg/liter sianida dari sample lambung Mirna. Melihat fakta ini, dr. Djaja Surya Atmadja selaku ahli forensik yang menjadi saksi di persidangan Jessica Wongso di 2016 kembali angkat bicara. 

“0,2mg/liter sianida yang ditemukan di lambung Mirna bisa saja merupakan hasil dari proses pembusukan tubuh Mirna,” ucapnya sebagaimana yang disadur melalui YouTube @dr. Richard Lee, MARS.

Hotman Paris Sebut Satu-satunya Cara untuk Bebaskan Jessica Wongso dari Kasus Kopi Sianida

"Yang diambil tadi darah, hati, isi lambung dan urin. Semuanya negatif sianda. Kecuali lambung ada positif sianida 0,2mg per liter. 0,2 itu kecil banget. Logikanya kalau ada sianida besar jadi kecil itu mungkin. Tapi kalau tidak ada jadi ada itukan tanda tanya. Bisa saja karena pembusukan, pembusukan bisa sebabkan adanya sianida walaupun kecil," ujarnya.

Lebih lanjut, Djaja menjelaskan bahwa sianida bisa menghilangkan nyawa seseorang ketika masuk ke dalam darah, bukan lambung.  

Halaman Selanjutnya
img_title