9 Manfaat Vitamin B12 dalam Diet Serta Efek Sampingnya

Manfaat Vitamin B12
Sumber :

Olret – Vitamin B12 diperlukan untuk fungsi otak dan neurologis. Ini juga membantu dalam menciptakan dan mengatur DNA. Selain itu, ia terlibat dalam pengembangan sel darah merah.

Ingatkan Hatimu Bahwa Allah Selalu Adil Dan Memberi Yang Terbaik Kepada Hamba-Nya

Selain itu, vitamin B12 sangat penting untuk metabolisme semua sel. Ini membantu dalam sintesis asam lemak dan pembangkit energi. Misalnya, membantu tubuh manusia menyerap asam folat, vitamin B12 memungkinkan energi dilepaskan.

Setiap menit, tubuh manusia menciptakan jutaan sel darah merah. Tanpa vitamin B12, sel-sel ini tidak akan bisa bertambah. Ketika kadar vitamin B12 terlalu rendah, pembentukan sel darah merah akan terganggu. Jika jumlah sel darah merah turun terlalu rendah, anemia mungkin berkembang.

Kamu tak perlu khawatir juga, karena makanan kaya vitamin B12 itu mudah didapatkan kok. Nah, berikut ini Manfaat Vitamin B12 dalam Diet.

1. Membantu pembentukan sel darah merah dan pencegahan Anemia

Bad Buddy Series Episode 1-2 : Pertengkaran Pran dan Pat Tak Kunjung Usia

Manfaat Vitamin B12

Photo :
  • -

Vitamin B12 sangat penting untuk memproduksi sel darah merah dalam tubuh Anda. Kekurangan vitamin B12 menghambat produksi sel darah merah dan mencegahnya tumbuh dengan benar.

Selain itu, kekurangan vitamin B12 menyebabkan sel darah merah menjadi lebih besar dan lonjong. Sebaliknya, sel darah merah yang sehat berukuran kecil dan bulat.

Anemia megaloblastik terjadi ketika sel darah merah tidak dapat bermigrasi dari sumsum tulang. Karena strukturnya yang lebih besar dan tidak teratur, mereka tidak dapat bersirkulasi dengan kecepatan rata-rata.

Akibatnya, tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke organ-organ penting Anda. Oleh karena itu Anda menjadi anemia. Kelelahan dan kelemahan dapat terjadi akibat hal ini.

2. Dapat mencegah cacat bawaan yang signifikan

Halaman Selanjutnya
img_title
Bad Buddy Series, Kisah Persaingan dan Rasa Benci Turun Temurun