8 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi; Cemilan Pedas, Manis, Gurih, dan Berempah

Oleh oleh khas bukit tinggi
Sumber :
  • Google Image

Olret –  Bukittinggi terkenal sebagai kota kelahiran proklamator Drs. Mohammad Hatta. Kota di Provinsi Sumatera Barat juga menjadi tempat favorit wisatawan yang ingin mencari ketenangan seperti di Bogor atau Malang.

36 Destinasi yang Ciamik di Padang, Ranah Minang Kampungnya Ambo!

Soal oleh-oleh, Bukittinggi memiliki aneka panganan yang unik dan lezat. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh berupa camilan dengan berbagai pilihan cita rasa seperti gurih, pedas, berempah, atau manis sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Berikut ini beberapa pilihan oleh-oleh khas Bukittinggi yang jangan sampai kamu lewatkan.

1. Keripik Balado

Keripik balado hampir sama dengan keripik singkong pada umumnya. Bedanya, keripik dibumbui dengan sambal khas Minang yang pedas. Rasanya yang lezat pastinya membuat kamu ketagihan dan ingin terus menyantapnya hingga keping terakhir.

2. Dendeng Batokok

Istano Paraguyung, Destinasi Apik Dibalut Nuansa Alam dan Budaya di Minang

Dendeng Bukittinggi atau biasa disebut dendeng Batokok memiliki rasa yang khas karena bumbu dan cara pengolahannya yang berbeda dari dendeng pada umumnya. Bahan yang biasa digunakan yaitu daging sapi.

Agar lebih lembut dan dapat menyerap bumbu, daging dipukul-pukul menggunakan cobek dan ulekan setelah diiris dengan tebal antara 1-2cm. Setelah itu, daging digoreng atau dibakar, kemudian dihidangkan bersama sambal hijau. Dendeng ini bisa tahan berbulan-bulan dan dapat dijadikan lauk juga lho.

Halaman Selanjutnya
img_title
Kebun Teh Danau Kembar, Perpaduan Teh dan Danau di Tanah Minang