Diet Defisit Kalori – Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Apa itu Diet Defisit Kalori
Apa itu Diet Defisit Kalori
Sumber :
  • U-Repot

Olret – Dalam industri kebugaran yang terus berkembang, sebagian besar anak muda mencari cara untuk menurunkan berat badan. Dengan banyaknya pendapat mengenai berbagai metode penurunan berat badan, diet defisit kalori telah menjadi metode yang umum disarankan oleh sebagian besar ahli.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa itu diet defisit kalori? Bagaimana cara kerjanya? Dan bagaimana cara menghitungnya? Untuk membantu kamu memahami dengan lebih baik, kami juga akan menyertakan contoh diet defisit kalori untuk memulai perjalanan kamu!

Diet Defisit Kalori

Diet Defisit Kalori

Diet Defisit Kalori

Photo :
  • U-Repot

Dengan 'ledakan kebugaran' di negara ini, semakin banyak orang yang sadar akan kesehatan mereka. Istilah 'defisit kalori' telah mendapatkan popularitas besar di Indonesia di masa lalu.

Diet defisit kalori telah menjadi inti dari proses penurunan berat badan, terutama di kalangan dewasa muda yang ingin memulai perjalanan penurunan berat badan.

Namun, diet defisit kalori harus direncanakan dan harus mencakup semua vitamin, nutrisi, lemak, dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan banyak penggemar kebugaran dan praktisi yang menawarkan berbagai tip, saran, dan banyak lagi, mungkin membingungkan apa sebenarnya diet defisit kalori, cara kerjanya, dan bagaimana cara menghitung defisit kalori.

Apa itu Diet Defisit Kalori?

Apa itu Diet Defisit Kalori

Apa itu Diet Defisit Kalori

Photo :
  • U-Repot

Untuk memahami apa itu diet defisit kalori, kita harus memahami dasar-dasarnya. Kalori adalah satuan energi yang kamu dapatkan saat mengonsumsi makanan apa pun. Ketika total kalori yang dikonsumsi kurang dari yang Anda bakar, Anda mencapai defisit kalori.

Namun sebelum memahami defisit kalori, penting untuk mengetahui berapa banyak kalori yang kamu butuhkan dalam sehari.

Tiga faktor utama menentukan jumlah kalori yang kamu butuhkan dalam sehari.

  • Tingkat Metabolisme Basal: Tingkat Metabolisme Basal atau BMR adalah jumlah energi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi. BMR seseorang tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan.
  • Aktivitas Fisik: Aktivitas fisik apa pun menyumbang hingga 40% dari kebutuhan kalori harian Anda. Ini juga termasuk latihan.
  • Efek Termis Makanan: Efek termis makanan adalah energi yang dibutuhkan untuk mencerna dan menyerap makanan yang Anda konsumsi.

Oleh karena itu, jika total konsumsi makanan tidak sesuai dengan kebutuhan kalori untuk melakukan tugas-tugas tersebut di atas, kamu menempatkan tubuh dalam keadaan defisit kalori.

Halaman Selanjutnya
img_title