Merasa Hampa Tapi Tidak Tahu Sebabnya? Ini Tanda Kamu Sedang Mengalami Languishing

Hilang minat
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Jika kamu sedang merasakan down banget tidak, tapi bahagia juga tidak, seperti perasaan hampa aja begitu, bingung menjelaskannya? Mungkin ini jawabannya! Ada sebuah istilah populer dalam psikologi untuk menggambarkan serangkaian emosi yang kamu alami, yang mungkin kamu sendiri sulit untuk mendeskripsikannya, yaitu Languishing.

Kamu Akan Menjadi Lebih Tenang Jika Kamu Tidak Mengurusi Apa Yang Bukan Urusanmu

Melansir @meaningful.me, perasaan languishing adalah sekumpulan emosi yang muncul, yang membuat kamu merasa stagnan, jenuh bekerja, hampa, dan tidak tertarik dengan kehidupan. Termasuk hal-hal yang tadinya menyenangkan buatmu. Kamu mungkin akan bingung mendeskripsikannya ke orang lain. Sebab, sebenarnya perasaan itu tidak bisa disebut stress atau depresi. Kamu hanya merasa bahwa hidup "begini-gini aja".

Languishing tidak sama dengan depresi, meski sama-sama memengaruhi kondisi emosional. Di sini kamu tidak mengalami beberapa gejala depresi berat, tapi sebenarnya kamu juga tidak baik-baik saja. Jadi, kamu merasa ada yang berbeda, tapi tidak sampai membuat kamu mengalami emosi negatif yang ekstrem.

Bahagiamu Akan Selalu Menyanding, Jika Kamu Tak Lupa Menjaga Syukurmu

Languishing diagram

Photo :
  • @meaningful.me

Sekalipun languishing bukan istilah medis yang sah, perasaan yang kamu rasakan benar adanya. Para ahli lebih senang menyebut ini sebagai titik tengah antara masalah kesehatan mental dan keadaan mental yang baik.

Gejala yang dialami languishing

Deretan Kebiasaan Orang Jepang Untuk Hidup Sehat dan Panjang Umur, Bukan Dari Kakek Sugiono

Merasa hampa

Photo :
  • freepik.com
Halaman Selanjutnya
img_title