Kenali 5 Jenis Gangguan Mental Yang Umumnya Sering Dijumpai

Jenis gangguan mental
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Tiada kesehatan tanpa kesehatan mental, namun masih ada yang beranggapan bahwa mental bukan masalah kesehatan. Di masyarakat banyak kasus gangguan mental yang seharusnya bisa dikelola, namun terlambat mendapatkan intervensi medis. Salah satu faktor penyebabnya adalah stigma di masyarakat, tetapi faktanya gangguan mental itu memang ada di sekitar kita. Dengan pengelolaan yang tepat dan komprehensif, gangguan mental bisa dipulihkan sama dengan penyakit fisik lainnya.

4 Tanda Wanita Merasa Insecure dan Cara Mengatasinya, Agar Hidupmu Lebih Bahagia!

Menurut WHO, sehat mental adalah ketika seseorang merasa sehat dan bahagia, mampu menghadapi tantangan hidup serta dapat menerima orang lain sebagaimana seharusnya serta mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Gangguan mental adalah sebuah sindrom atau sekelompok gejala yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang sehingga menyebabkan disfungsi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Menurut dr. Ida Rochmawati, M.Sc., Sp.KJ (K), berikut beberapa gangguan mental yang sering ditemui:

1. Depresi

5 Fakta Dibalik Orang yang Marah Ketika Ditegur Kesalahannya

Tanda Kamu Sedang Depresi

Photo :
  • freepik.com

Tiga gejala utama depresi adalah; murung, hilang minat dan mudah lelah. Bila tidak disadari tanda awal dan tidak segera konsultasi, akan disusul dengan tujuh gejala tambahan seperti; gangguan tidur, gangguan nafsu makan, gangguan konsentrasi, pikiran tentang masa depan suram, harga diri rendah, perasaan bersalah atau menyalahkan diri berlebihan dan ide kematian.

2. Gangguan Kecemasan

Halaman Selanjutnya
img_title
10 Makanan Sehat Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Mental