Kelelahan Fisik Dan Mental Dalam Bekerja? Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Burnout

Lelah terus menerus dalam pekerjaan
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Lelah dalam beraktifitas rutin adalah hal yang wajar. Tetapi, lain halnya kalau kamu merasa lelah secara terus menerus setiap harinya. Bisa jadi, kamu sedang mengalami risiko burnout yang tinggi. Melansir Wantja Mental Health Doodles, burnout merupakan kondisi kelelahan fisik, mental, dan emosional yang terjadi secara berkepanjangan, dalam menjalani pekerjaan atau rutinitas tertentu. 

Sudah Tahu? Ini 3 Ciri Orang yang Mempunyai Mental Lemah

Menghadapi dan menyelesaikan periode burnout memang tidak bisa dilakukan secara instan (kejadiannya pun bisa terbentuk lama sekali). Memang tidak mudah bagi siapa pun. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kesadaran untuk bisa mengenali penyebab juga meringankan dampak buruk dari burnout tersebut.

Menyadari risiko kebakaran itu ada dan nyata, bertahan hidup berdampingan dengannya ketika muncul sambil meminimalik akibat yang berdatangan, hingga akhirnya kita benar-benar lepas. This too shall pass. Berikut hal-hal yang perlu kamu kenali mengenai burnout.

Ciri umum burnout

4 Alasan Kamu Harus Menonton Drama Korea Love All Play

Kepribadian Burnout

Photo :
  • freepik.com

Burnout memiliki tiga ciri umum yang bisa kita sadari, seperti;

  1. Energi yang tidak kunjung terisi, walau sudah istirahat
  2. Berkurangnya antusiasme dan produktifitas dalam pekerjaan atau aktifitas tertentu
  3. Munculnya sinisme dan pikiran negatif akan hal-hal yang sebenarnya disukai (untuk hak ini bisa berbeda intensitas bagi setiap orang)
Halaman Selanjutnya
img_title
Jangan Sepelekan! 4 Hal Ini Bisa Mengubah Mood Kamu