5 Tips Dukung Kualitas Tidur Malam Buah Hati, Nomer 3 Wajib Dihindari!

Ilustrasi batita tidur
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@pixabay

Orlet - Tahukah ayah bunda, waktu tidur yang berkualitas bagi bayi dan balita sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Terutama ketika waktu malam tiba.

Tinggalkan Apapun yang Membuatmu Sedih, Karena Hidup Itu Pilihan

Hormon pertumbuhan sebagian besar dilepaskan pada saat malam hari ketika si kecil mencapai fase deep sleep sehingga rutinitas tidur yang konsisten perlu diusahakan agar buah hati tidak sering begadang. Hormon pertumbuhan tersebut sangat berguna untuk meningkatkan ukuran otak, tulang serta jaringan-jaringan di dalam tubuh.

Melansir dari akun instagram @bicarasikecil terdapat beberapa cara yang dapat ayah bunda lakukan supaya ananda dapat tertidur lelap dan lama. Seperti apa? Simak pembahasannya di bawah ini.

5 Ritual Yang Membuat Pikiranmu Kembali Jernih Dan Lebih Kreatif

1. Pahami Kebutuhan Tidur Batita

Ayah Bunda harus mengetahui terlebih dahulu berapa durasi waktu tidur yang ideal bagi batita diantaranya bayi usia 0-3 bulan membutuhkan waktu tidur selama 14-17 jam per hari. Untuk usia 4-12 bulan 12-16 jam. Sedangkan 1-2 tahun adalah 11-14 jam. Terakhir 3-5 tahun perlu tidur selama 10-13 jam per hari.

Kuliah Atau Menikah? Jangan Pusing! Lakukan Saja Keduanya Secara Beriringan

2. Mengatur Jadwal Rutinitas Tidur

Ayah Bunda dapat mengusahakan sebisa mungkin menerapkan jadwal tidur bayi dan balita sejak dini supaya menjadi kebiasaan hingga kemudian hari. Misalnya jam 19.00 waktunya anak makan malam, pukul 20.00 si kecil sudah harus masuk kamar. Selanjutnya pukul 21.00 ananda sudah tertidur. Jam 23.00-02.00 merupakan fase deep sleep dimana terjadi beberapa jam setelah buah hati memulai tidurnya. Lalu bangun tidur pagi pada jam 07.00.

Halaman Selanjutnya
img_title