17 Buah Berserat Tinggi untuk Meningkatkan Asupan Serat Harian Kamu

Buah Berserat Tinggi
Sumber :

Olret – Asupan serat adalah salah satu topik terpenting yang harus diperhatikan saat mengevaluasi kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini adalah nutrisi nabati yang membantu usus Anda membuang limbah dalam sistem pencernaan Anda. Serat juga membuat Anda kenyang lebih lama, yang dapat bermanfaat bagi manajemen berat badan.

Namun, sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa kebanyakan orang tidak memenuhi kebutuhan minimum asupan serat harian. Meskipun ada banyak cara untuk meningkatkan asupan serat Anda, menambahkan buah berserat tinggi ke dalam diet Anda mungkin merupakan salah satu cara yang lebih mudah untuk mencapai asupan serat yang optimal.

Begini Nilai dan Persaingan Samsung Galaxy S23

Buah Berserat Tinggi

Photo :
  • -


Anda dapat makan buah yang paling kaya serat untuk meningkatkan jumlah serat dalam diet Anda tanpa bergantung pada suplemen. Berries dan buah-buahan tropis adalah sumber serat makanan alami yang sangat baik.

Namun, tidak semua buah memiliki kandungan serat yang sama. Plus, asupan serat harian yang direkomendasikan bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan asupan serat secara efektif dan aman tanpa berlebihan.

Pentingnya Serat untuk Tubuh

Meski Berhubungan Jarak Jauh Dengan Pasangan. Beginilah Caranya Agar Romansa Tetap Terjaga

Pentingnya Serat untuk Tubuh

Photo :
  • -

1. Mencegah Sembelit

Ini mungkin salah satu manfaat penting dari peningkatan asupan serat. Serat seharusnya menyerap air di usus, yang mempercepat pergerakan tinja dari usus.

Namun, memilih jenis serat yang tepat sangat penting untuk meringankan sembelit. Serat tidak ditindaklanjuti oleh bakteri kemungkinan lebih efektif. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat larut lebih efektif untuk menghilangkan sembelit.

2. Pakan Bakteri Baik

Mungkin Alasan Kita Tak Berjodoh Karena Tuhan Mempertemukan Tidak Di Waktu Yang Tepat

Miliaran bakteri berada di usus Anda. Namun, ini tidak perlu dikhawatirkan karena kebanyakan dari mereka tidak berbahaya. Sebaliknya, beberapa di antaranya bermanfaat bagi tubuh Anda dan melakukan fungsi yang tidak dapat dicapai tubuh dengan sendirinya. Seperti setiap bentuk kehidupan lainnya, bakteri ini memperoleh energi untuk berfungsi dari makanan yang mereka makan.

Tubuh manusia kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna serat makanan secara efektif. Akibatnya, serat ini mencapai usus pada dasarnya sama dalam kandungan nutrisinya. Bakteri usus memakan serat yang tidak tercerna ini.

3. Membantu dalam Penurunan Berat Badan

Seperti disebutkan di atas, tubuh manusia tidak memiliki enzim untuk mencerna serat makanan secara efektif. Akibatnya, dibutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh Anda untuk mencerna serat daripada nutrisi lain seperti karbohidrat.

Ini berarti serat menempati ruang di usus Anda dan menyerap air. Penelitian menunjukkan bahwa ini mengarah pada perasaan kenyang. Akibatnya, Anda mengurangi asupan kalori Anda, yang akibatnya membantu dalam menurunkan berat badan.

4.Mengatur Kadar Gula Darah

Halaman Selanjutnya
img_title